Pages

Subscribe:

Minggu, 19 Juni 2011

KELOR POHON AJAIB YANG KAYA MANFAAT


Dari daun, buah dan akarnya kita bias mengambil manfaat pohon kelor. Dari sekedar sebagai sayur dan mengatasi kekurangan gizi hingga membantu vitalitas tubuh sampai mencegah kanker.       Di India hampir seluruh bagian tumbuhan ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai tujuan.
  1. Buahnya yang masih mentah dan berwarna hijau kaya akan gizi, bias dimakan sebagai kacang rasanya gurih
  2. Bunga kelor dapat dimakan dan rasanya seperti jamur
  3. Akarnya bias dimakan atau dikonsumsi




Reputasi tanaman kelor untuk mengatasi gizi buruk sudah mendapat pengakuan dunia internasional, misalnya kasus gizi di Afrika menjadikan atau mengangkat nama tumbuhan ini,terutama untuk anak balita dan ibu hamil dengan memasak daun kelor. Sehingga daun kelor mendapat predikat sebagai makanan alamiah bergizi dari daerah tropik. Hasil penelitian menunjukkan daun kelor mempunyai kandungan sumber senyawa betakaroten, vitamin C, zat besi, kalium yang tinggi juga Posfor. Vitamin A pada kelor lebih tinggi dari wortel, Calsiumnya lebih tinggi dari susu, zat besinya lebih tinggi dari bayam, vitamin C nya lebih tinggi dari jeruk, kaliumnya lebih tinggi dari pisang, proteinnya sejajar dengan susu dan telur. Dalam satu sendok makan serbuk daun kelor diperkirakan terkandung 14% protein, 40% kalsium, 23% zat besi dan vitamin A dalam jumlah yang cukup yang sangat dibutuhkan bagi anak balita. Sehingga dari hasil tersebut di atas bahwa daun dan buah kelor dapat membantu meningkatkan air susu ibu, dan 6 sendok makan serbuk daun kelor bisa memenuhi kebutuhan zat besi dan kalium wanita hamil dan menyusui.
Di Negara kita pohon kelor untuk obat masuh jarang ditemukan, umumnya yang digunakan masih daun dan buahnya sebagai sayur, di Negara lain kulit , batang, d aun, akar, bunga, buah, biji kelor digunakan untuk obat, misalnya bahan antiseptic, rematik, mengatasi gigitan ular, gangguan ereksi untuk laki-laki dan mempartahankan aktivitas sexual untuk perempuan, juga untuk menurunkan tekanan darah dan kanker.
Cara pengolahan :
  • Paling mudah daun kelor untuk sayur bening pengganti bayam
  • Daun kelor dapat dikeringkan dan disimpan sebagai serbuk kering, serbuk tersebut dapat dicampurkan ke dalam berbagai jenis makanan. Serbuk kelor walaupun tidak disimpan di kulkas kandungan gizinya tidak hilang
Tip kelezatan daun kelor:
Dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan, serbuk daun kelor dapat dipakai sebagai pengganti kaldu yang selanjutnya diolah menjadi sup yang nikmat disukai anak balita dan dewasa.

( di ambil dari : Tabloid Nyata, Maret 2011)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar