Pages

Subscribe:

Jumat, 01 April 2011

Jurus Ampuh Menghadapi UN Matematika




Salah satu syarat peserta didik untuk dapat lulus dalam tingkat Satuan Pendidikan adalah harus mengikuti Ujian yang diselenggarakan di tingkat Satuan Pendidikan tersebut, baik Ujian praktik maupun Ujian tulis dan Ujian Sekolah maupun Ujian Nasional.


Berbagai upaya telah dilakukan oleh Satuan Pendidikan dalam membantu peserta didik agar sukses menempuh Ujian dengan hasil maksimal, lewat tutorial (tambahan pelajaran) yang diadakan di sekolah diharapkan dapat membatu peserta didik, namun demikaian hasil yang dicapai setiap tahunnya kadang masih jauh dari yang diharapkan, terutama pada mata pelajaran tertentu ( Bahasa Inggris dan Matematika ), hal itu disebabkan karena sebagian besar siswa kurang persiapan untuk menghadapi UN. Dengan latar belakang sosial yang berbeda, tingkat kemampuan yang berbeda tentunya akan menghasilkan suatu hasil yang berbeda pula.
Matematika yang selama ini masih dianggap pelajaran "momok" oleh sebagian siswa menjadikan minat belajar menjadi menurun, sehingga setiap kali Ujian daya serapnya rendah.
Anda sebagai calon Peserta Ujian Nasional jangan putus asa/cepat menyerah, hilangkan rasa keragu-raguan dan tanamkan rasa percaya diri, keragu-raguan yang ada menunjukkan 50% gagal.
Bila anda sebagai peserta Ujian Nasional bisa mencoba  jurus ampuh di bawah ini terutama pada Mata Pelajaran Matematika :
  1. Berdoa dengan Khusu' dan ikhlas sebelum mulai mengerjakan;
  2. Siapkan mental;
  3. Baca petunjuk pengerjaan dengan teliti dan tenang;
  4. Amati dengan cermat setiap soal;
  5. Soal yang dianggap mudah kerjakan dulu;
  6. Usahakan menyingkirkan opstion yang jelas-jelas salah;
  7. Lakukan pengecekan ulang pada jawaban yang masih meragukan;
  8. Terkadang pada option sudah ada jawaban yang bisa dipilih setelah di masukkan ke soal;
  9. Gunakan waktu sebaik mungkin;
  10. Jaga emosi dan hilangkan hal-hal yang menggangu konsentrasi.
Disamping itu ada hal yang sangat penting yang harus dilakukan, yakni belajar giat dan mintalah doa restu orang tua sebelum berangkat serta bertingkah lakulah yang baik.
Semoga sukses.............

2 komentar: